ABCDE Aturan Dapatkah Anda Simpan Dari Melanoma!



Melanoma maligna adalah kanker kulit dan berasal dari melanosit. Ini adalah sel yang memproduksi melanin, pigmen yang menentukan warna kulit atau warna kulit. Dalam kondisi normal, melanosit dikendalikan berkembang biak, tetapi dalam kasus kerusakan DNA, sel-sel mulai divisi yang tidak terkontrol dan datang ke penampilan tumor. Penyebab kerusakan DNA mungkin genetik, dan faktor lingkungan seperti paparan radiasi UV.

Melanoma sering berkembang dari nevus yang ada (mol) dari kulit, meskipun dalam kasus yang jarang terjadi terutama dapat terjadi pada mata. Ini adalah salah satu kanker yang paling serius karena dapat menyebar ke organ lain, menyebabkan gangguan kesehatan yang serius yang sulit untuk mengobati dan sering berakhir dengan kematian. Deteksi dini melanoma sangat penting, karena dalam banyak kasus dapat memberikan penyembuhan lengkap dengan operasi kecil.

Dalam rangka pencegahan dan deteksi dini melanoma, kecuali dokter kulit mengunjungi biasa, kami akan hadir Anda aturan ABCDE. Ini akan membantu Anda untuk membuat perbedaan yang lebih baik antara nevus jinak dan nevus mencurigakan untuk melanoma ganas.

A - Asimetri

Tahi lalat yang tidak mencurigakan untuk melanoma ganas dalam banyak kasus simetris. Ini berarti bahwa dalam nevus jinak, jika tarik garis imajiner yang berjalan melalui tengah, Anda mendapatkan dua bagian yang hampir sama.

Jika bagian yang asimetris, mungkin melanoma.

B - Borders


nevus jinak ditandai dengan tepi yang didefinisikan dengan baik dan teratur, tidak seperti mol mencurigakan untuk melanoma ganas, yang memiliki tidak teratur, tepi rusak yang tidak terdefinisi, sehingga sering batas antara mol dan kulit di sekitarnya tidak jelas.

C (Warna) - Warna

nevus jinak biasanya memiliki pigmentasi seragam, mereka berada di satu warna yang merata.

Mol yang memiliki beberapa warna (hitam, berbagai warna cokelat, merah, biru tua, abu-abu, jejak warna putih) atau dalam satu warna, tetapi dengan kacau, distribusi yang tidak merata, yang mencurigakan untuk melanoma ganas.

D - Diameter

Meskipun tahi lalat tidak memiliki ciri-ciri tersebut (asimetri, perubahan perbatasan dan warna), jika diameter lebih besar dari 6 mm, Apakah dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda.

Melanoma maligna adalah ukuran biasanya lebih besar, meskipun dalam kasus yang jarang dapat terjadi pada tahi lalat kecil dari 6 mm.

E - Evolusi

Setiap perubahan dalam mol dalam hal warna, bentuk atau ukuran, yang dapat disertai dengan rasa gatal, peningkatan sensitivitas atau perdarahan, harus ditanggapi dengan serius dan Anda harus mengunjungi dokter kulit.

Catatan: Aturan ABCDE bukan merupakan pengganti untuk kontrol dermatologis biasa, tetapi adalah berguna dalam deteksi dini melanoma ganas. Jadi, secara teratur mengunjungi dokter kulit Anda, dan dalam setiap perubahan yang mencurigakan segera berkonsultasi!
ABCDE Aturan Dapatkah Anda Simpan Dari Melanoma! ABCDE Aturan Dapatkah Anda Simpan Dari Melanoma! Reviewed by Unknown on 19.21 Rating: 5

Post AD